News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Manfaat Permainan Benteng Bentengan

Manfaat Permainan Benteng Bentengan


Dahulu memang banyak sekali jenis permainan anak yang sering kali dilakukan, bisa dibilang anak-anak dahulu permainannya rata-rata adalah permainan tradisional. Salah satu jenisnya yaitu permainan benteng bentengan, mungkin kalau anak sekarang permainan tersebut tidak banyak dikenal oleh anak-anak saat ini. 

Permainan bentengan merupakan sebuah permainan fisik yang biasanya ini dimainkan oleh dua kelompok yang memiliki peran sebagai panawan ataupun yang tertawan. Biasanya untuk setiap kelompok terdiri dari empat sampai dengan delapan anak, yang dimana untuk setiap kelompoknya memiliki benteng ataupun markas dari pohon ataupun sejenis tiang yang digunakan sebagai tempat untuk bertahan dari kejaran lawan.

Pada intinya permainan bentengan tersebut yaitu berusaha merebut benteng yang sedang di duduki dari lawan untuk menjaga supaya benteng yang kita miliki tidak dukuasai lawan. 

Beberapa Manfaat Permainan Bentengan

1. Melatih Kecepatan dan Kelincahan
Ini merupakan sebagai salah satu manfaat permainan bentengan yang bisa dirasakan pada saat memainkannya yaitu kitab isa melatih dan bisa menambah kecepatan serta kelincahan berlari. 

Permainan ini memang mengutamakan berlari, baik untuk menghindar dari kejaran lawan ataupun sebaliknya, berlari ini berfungsi untuk mengejar dan menangkap lawan. Dengan permainan seperti itu pastinya akan menambah kecepatan serta kelincahan berlari seseorang.

2. Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Selanjutnya ini merupakan manfaat dari permainan bentengan lainnya, yaitu bisa memperkuat daya tahan tubuh seseorang. Karena di dalam permainan ini terdapat kegiatan yang melatih fisik seperti halnya olahraga.

Hal ini bisa membuat permainan bentengan bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Berfungsi Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik
Selain untuk membangun kekebalan Kesehatan tubuh anak juga bisa meningkatkan keterampilan motoric anak. Untuk permainan bentengan bisa Anda lakukan dengan cara menggerakan seluruh anggota tubuhnya.

Dengan melakukan permainan tersebut tentunya akan melatih untuk mengamati serta berfikir untuk kemudian memutuskan Tindakan mengenai cara supaya lawan bisa ditangkap dan bentengnya bisa dikuasai. 

4. Memupuk Kerjasama
Selanjutnya untuk manfaat permainan bentengan tersebut yaitu bisa memupuk kerjasama serta kekompakan di dalam kelompok.

Khalayaknya permainan lainnya jenis permainan bentengan ini juga memiliki aturan, bagaimana aturannya?

Aturan Permainan Bentengan

1. Dilakukan oleh Dua Kelompok
Permainan ini dilakukan oleh dua kelompok dan untuk setiap kelompoknya terdiri mulai dari 4 sampai dengan delapan pemain. 

2. Berusaha Menjaga Benteng
Permainan ini pada dasarnya untuk menjaga kekuasaan benteng, supaya tidak direbut oleh lawan. Untuk benteng yang digunakan pada permainan ini bisa berupa tiang, pohon, atau pilar yang lainnya.

3. Jika Tertangkap Menjadi Tawanan
Bagi setiap pemain yang keluar dari benteng ini dianggap menyerbu lawan terlebih dahulu, dan kalau pemain dikejar dan tersentuh oleh pemain lawan maka pemain tersebut dianggap sudah tertangkap dan kemudian ditempatkan sebagai tawanan oleh lawan.

4. Tawanan Boleh Kembali Ke Benteng
Bagi pemain yang tersentuh serta menjadi tawanan benteng, tentunya boleh keluar dari tawanan dan Kembali mempertahankan bentengnya jika sudah diselamatkan oleh teman sekelompoknya.

Cara untuk menyelamatkan teman dari tawanan, maka Anda cukup dengan menyentuh tangan atau pada bagian tubuh dari teman yang menjadi tawanan lawan.

5. Merebut Benteng berarti Menang
Pemenang dari permainan bentengan biasanya ditentukan dari kelompok pemain yang bisa merbut benteng musuh. Bisa dikatakan merebut benteng musuh, kalau pemain berhasil menyentuh benteng pertahanan dari lawan.

Menarikkan permainan benteng bentengan ? tentunya bagi yang ingin mencobanya pastinya tidak akan rugi, karena permainan ini selai asyik juga sangat menyehatkan.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

Post a Comment