News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Panduan Membuat Laporan Keuangan Secara Tepat

Panduan Membuat Laporan Keuangan Secara Tepat


Aplikasi laporan keuangan kini menjadi salah satu perangkat bisnis yang sangat dibutuhkan. Bagaimana tidak? Semakin berkembangnya teknologi, cara-cara tradisional sudah mulai ditinggalkan karena dinilai kurang efektif dan hasilnya juga tidak maksimal. Untuk itu dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi akan memberikan banyak kemudahan dan keuntungan yang bisa diperoleh secara sekaligus.

Menurut sebagian besar orang, membuat laporan keuangan adalah salah satu momen yang memusingkan. Tidak dapat di pungkiri apabila hal-hal yang berhubungan dengan perhitungan pasti akan membuat siapa saja menjadi pusing mendadak. Namun, dengan adanya aplikasi, kegiatan menyusun laporan keuangan pasti akan menjadi lebih menyenangkan dibandingkan sebelum-sebelumnya. 

Mencatat Semua Transaksi dalam Jurnal
Transaksi merupakan kegiatan standard yang pasti dilakukan oleh setiap perusahaan yang meliputi penjualan, pembelian, persewaan, dan juga penukaran barang. Saat proses transaksi terjadi, pastinya akan bukti atau catatan tertulis yang menjadi keterangan transaksi tersebut dilakukan. Lewat bukti itulah semua transaksi bisa dicatat ke dalam jurnal.  Untuk itu, sangat penting menyimpan bukti transaksi yang telah diperoleh.

Memindah Jurnal ke Buku Besar
Setelah proses pencatatan transaksi dilakukan tanpa ada yang terlewat, selanjutnya adalah memindah semua isi jurnal ke dalam buku besar. Di dalam buku besar, transaksi bisa dirinci dengan lebih detail disertai dengan setiap akun yang ada. Tahapan ini sebenarnya tidak sulit sama sekali karena yang dibutuhkan hanyalah ketelitian saja. Untuk itu, pastikan memindahkan semua transaksi yang ada di jurnal dengan sangat hati-hati.

Menyusun Neraca Saldo
Neraca saldo berisi mengenai transaksi yang dicatat dalam akun debit dan kredit. Inti dari tahapan ini adalah proses pengelompokan akun-akun atau transaksi yang masuk dalam aktiva dan pasiva. Fungsi dari penyusunan neraca saldo ini adalah untuk diketahui apakah antara aktiva (harta) dan pasiva (hutang). Apabila keduanya telah seimbang, maka bisa disimpulkan apabila neraca saldo telah disusun dengan seimbang.

Pengumpulan Data untuk Jurnal Penyesuaian dan Neraca Lajur
Langkah selanjutnya dalam membuat laporan aplikasi keuangan adalah mengumpulkan data yang nantinya digunakan untuk menyusun jurnal penyesuaian. Apabila dalam laporan masih ditemukan kejanggalan, maka perlu dicek kembali dengan menggunakan jurnal penyesuaian dan yang dibutuhkan adalah data transaksi secara keseluruhan. Jika sudah, langsung saja membuat neraca lajur yang menjadi dasar pelaporan laba rugi.

Menyusun Laporan Keuangan
Proses penyusunan laporan keuangan dilakukan yang paling akhir, setelah serangkaian langkah diatas telah selesai dijalankan. Penulisan laporan keuangan harus terlihat jelas dan sangat rapi karena laporan tersebut nantinya yang akan dijadikan sebagai patokan dalam mengetahui kondisi keuangan perusahaan. Dengan menggunakan aplikasi laporan keuangan, maka fleksibilitas dan tingkat mobilitas pengecekan akan lebih tinggi.

BukuKas merupakan salah satu aplikasi laporan keuangan yang paling recommended karena mampu menyajikan fitur penting yang sangat dibutuhkan dalam penyusunan laporan. Aplikasi ini sudah sangat populer di kalangan pengusaha dan telah diunduh oleh lebih dari 250.000 pengguna. Dengan menggunakan aplikasi satu ini, bisnis Anda akan semakin meningkat pesat.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment