News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Apa Itu Desposit? Deposit adalah Sebagai Berikut

Apa Itu Desposit? Deposit adalah Sebagai Berikut


Mungkin sebagian dari Anda sudah sering mendengar yang namanya deposit. Iya deposit adalah sebuah produk perBankan yang berupa jasa tabungan berjangka panjang yang menawarkan suku bunga tetap sesuai dengan kesepakatan sebelumnya. Deposit adalah merupakan produk jasa simpanan berjangka pada suatu bank yang pada umumnya menjanjikan bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan biasa. Adapun penyetoran dan penarikan deposit bisa dilakukan pada saat tertentu. 

Pada umumnya, semakin besar dana dan semakin lama waktu pencairan depositnya, maka akan semakin besar pula bunga yang bisa di dapatkan oleh nasabah. Namun apabila nasabah ingin menarik dana dari depositnya lebih awal dari waktu yang telah disepakati sebelumnya, maka nasabah pun akan dikenakan penalti. 

Deposit merupakan produk tabungan berjangka yang mana lebih cocok untuk nasabah yang ingin menginvestasikan dana di bank. Memang sih keuntungan dari deposit sendiri tentu tidak sebesar keuntungan investasi saham dan juga komoditi. Melainkan tabungan deposito berjangka sendiri lebih aman dengan keuntungan yang lebih stabil. Deposito sendiri memiliki beberapa ciri yang bisa dikenali, adapun ciri-cirinya yaitu sebagai berikut:

1. Setoran Minimal
Nah sama seperti halnya apabila ingin membuka rekening du bank, deposito juga mengharuskan adanya setoran awal minimal yang diberikan ke bank. Dan adapun jumlahnya, tentu setiap bank memiliki kebijakan ya berbeda-beda. Namun pada umumnya untuk jumlah setoran awal minimal untuk deposito berjangka yakni sekitar Rp 5 juta. 

2. Adanya jangka waktu simpanan
Deposito memiliki jangka waktu pengendapan dana yang cukup beragam yakni mulai dari 1, 3, 6, 12, hinga 24 bulan. Dalam hal ini nasabah tidak bisa mencairkan dana sewaktu-waktu melainkan sesuai dengan jangka waktu yang telah disepakati sebelumnya dengan pihak bank.

3. Adanya aturan pencairan dana
Nah seperti yang telah dipaparkan diatas, salah satu aturan dari deposito adalah tidak bisa dicarikan sewaktu-waktu melainkan harus sesuai dengan perjanjian yang telah ditentukan. Misalnya ketika nasabah telah menyepakati pengambilan deposito selama 12 bulan, maka dana harus dicairkan dalam waktu 12 bulan, tidak boleh kurang atau lebih. Apabila tidak sesuai dengan waktu yang telah disepakati, maka nasabah pun akan dikenakan penalti dari pihak bank. 

4. Deposito memiliki bunga
Keunggulan deposito dengan tabungan biasa yakni terletak pada bunganya yang mana pada umumnya bunga deposito lebih tinggi dari tabungan biasa. Dalam menentukan besaran suku bunga, maka pihak bank pun akan menyesuaikan dengan kebijkan dari Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS).

5. Deposito memiliki risiko yang relatif rendah
Nah dalam hal ini, deposito merupakan simpanan sekaligus investasi yang memiliki risiko rendah. Hal ini karena deposito sendiri telah dijamin oleh LPS dengan persyaratan khusus. 

6. Biaya administrasi dan pajak
Perlu diketahui bahwasannya deposito sendiri merupakan produk kena pajak sehingga keuntungan dari bunga deposito ini akan dipotong untuk biaya pajak. Kemudian, nasabah dalam hal ini juga akan dikenakan biaya administrasi selain nasabah juga akan mendapatkan keuntungan.

7. Deposito dapat dijaminkan
Dalam hal ini deposito dapat digunakan sebagai alat jaminan ketika melakukan pinjaman ke bank, meskipun tidak semua bank menerima jaminan berupa deposito. 

Jadi dapat disimpulkan bahwa deposit adalah produk tabungan dari bank yang memliki bunga lebih tinggi dibanding dengan tabungan biasa. Bagi Anda yang ingin bergabung dengan produk deposito, maka bisa bergabung dengan deposit HSBC yang menawarkan deposito dengan suku bunga yang sangat menarik.  

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment