News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

5 Fakta tentang Cairan Antibakterial yang Perlu Diketahui

5 Fakta tentang Cairan Antibakterial yang Perlu Diketahui


Kebersihan merupakan hal yang penting untuk dijaga. Apalagi jika berkaitan dengan bayi. Organ tubuh bayi belum berkembang dengan sempurna, sehingga mudah terserang penyakit jika kemasukan virus atau bakteri. Sebagai ibu Anda harus memperhatikan kebersihan sebelum menyentuh bayi. 

Anda bisa menggunakan cairan pencuci antibakterial untuk membunuh kuman penyakit. Selain itu, Anda juga perlu menggunakan diaper cream bayi yang tepat, sehingga bayi terhindar dari ruam popok dan iritasi kulit.

Sebelum memilih cairan antibakterial, berikut beberapa fakta cairan pembersih kuman yang perlu diketahui

1. Tidak ada yang lebih baik daripada mencuci tangan
Sebelum adanya cairan antibakterial, orang-orang membersihkan kuman dengan mencuci tangan. Berdasarkan penelitian, mencuci tangan lebih efektif menghilangkan kuman jika dibandingkan menggunakan cairan antibakterial.

2. Tidak ada yang terlalu bersih
Terlalu memperhatikan kebersihan ternyata juga tidak baik bagi kesehatan. Lingkungan yang terlalu bersih justru dapat menurunkan kekebalan, sehingga pertahanan tubuh akan berkurang. Kebersihan memang penting untuk dijaga, tetapi jangan terlalu berlebihan.

3. Periksa kandungan alkohol
Cairan pembersih kuman yang memiliki kadar alkohol 60 persen, lebih efektif dalam membunuh kuman. Saat ini banyak cairan pencuci antibakterial yang tidak memenuhi syarat kandungan alkohol. Sebaiknya periksa terlebih dahulu kandungan alkohol yang dimiliki, sebelum membeli cairan antibakterial.

4. Penggunaan berlebihan dapat merusak kulit
Kandungan alkohol dalam cairan pembersih kuman memang efektif dalam membunuh kuman. Namun, jika digunakan secara berlebihan, cairan ini dapat merusak kulit, kulit menjadi lebih kering, bahkan dapat membuat iritasi pada kulit. Hal ini dikarenakan alkohol dapat menghilangkan penghalang protein esensial dan lemak, sehingga kelembaban kulit dapat menghilang.

5. Jangan membersihkan sisa makanan
Cairan pembersih kuman memang dapat menghilangkan kuman, bakteri, ataupun virus yang menempel di tangan. Namun, jangan mengganggap bahwa cairan ini dapat digunakan untuk menghilangkan sisa makanan yang mengandung lemak ataupun gula, Anda perlu membersihkan sisa makanan dengan mencuci tangan.

Kebersihan merupakan hal yang penting untuk dijaga, terutama berkaitan dengan bayi. Anda dapat menggunakan cairan pencuci antibakterial, sebelum bersentuhan dengan bayi. Hal ini sangat efektif untuk menghindarkan bayi dari terkena virus, sehingga tidak mudah terkena penyakit. 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment